CARA RISET KEYWORD PALING TOP DAN AMPUH
Apa maksud dari riset keyword.? Dan apa pungsi dari riset keyword.?
Berikut di bawah ini adalah Penjelasan lengkapnya.
Maksud dari riset keyword adalah,untuk mencari keyword(kata kunci) Dengan melakukan
riset keyword atau mencari
sebuah kata kunci kita bisa menemukan kata kunci yang relevan, Maka
pungsi dari riset keyword itu adalah bagian hal penting untuk kesuksesan sebuah blog atau website.
Maka jika anda memilih keyword yang kurang tepat,tentu akan berpengaruh pada blog itu sendiri.
Maka jika anda memilih keyword yang kurang tepat,tentu akan berpengaruh pada blog itu sendiri.
PUNGSI RISET KEYWORD
Pungsi melakukan riset keyword itu adalah untuk mencari kata kunci dan merupakan salah satu
bagian dalam trik dan strategi SEO atau pengoptimalan di mesin pencari kata
kunci di mesin pencari(serp).
yang ingin mendapatkan pengunjung dari mesin pencari itu maka tidak
ada salahnya untuk tidak melakukan riset keyword. Anda bisa saja mendapatkan
pengujung dari mesin pencari tanpa riset keyword,akan tetapi tidak akan
maksimal.
Riset keyword pada dasrnya yaitu mencari kata kunci yang sering
diketikan oleh orang di mesin pencari sesuai dengan topik blog.Contoh:misalnya
jika blog anda membahas tentang kesehatan,maka kata kunci apa yang sering
digunakan orang untuk mencari informasi seputar kesehatan
Apakah itu“obat sakit kepala” atau “obat pelangsing badan”atau“obat
herbal”Dll.
Jenis kata kunci(keyword)Beberapa jenis keyword karena dalam-SEO-
keyword memiliki banyak sekali jenisnya.
1.Sort tail keywords
2.Long tail keywords
3.Keyword yang abadi
4.Keyword musiman
Selain keempat jenis keyword di atas sebenernya masih banyak yang lain.Tapi yang paling penting untuk diketahui adalah keempat jenis di atas.Simak penjelasan berikut ini:
1.Sort tail keywords(Kata kunci ekor pendek)
Contoh
- Canon
- Canon 2770
- Canon 2770 tinta hitam bermasalah
- dsb.
2. Long tail keyword (kata kunci ekor panjang)
Long tail keyword ini adalah merupakan versi panjang dari short tail keyword. Saya beri contoh seperti di bawah ini:
- Canon
- Canon 2770
- Canon 2770 tinta hitam bermasalah
- dsb
Jika anda masih pemula seperti saya, maka long tail keyword itu jelas
lebih direkomendasikan karena dengan tingkat persaingan yang cenderung lebih
rendah dan memudahkan anda untuk menguasai posisi teratas di mesin pencari
(SERP).
Satu kekurangan dari long tail keyword itu tadi adalah trafik yang
didapatkan tidak sebanyak short tail keyword.Selain itu juga cukup sulit untuk
menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus.
3. keyword eternal (Keyword abadi)
Keyword yang abadi adalah:sebuah kata kunci yang selalu digunakan orang
untuk mencari informasi pada mesin pencari dan tidak akan basi basi sampai
akhir zaman.Saya beri contoh lagi,Contoh kata kunci sebagai berikut:
- Cara mengatasi sakit kepala.
- Cara menyembuhkan sakit mata
Kata kunci tersebut ini dalah termasuk kata kunci abadi karena di
dunia ini semua orang pasti mengalami penyakit tersebut.
4.Keyword musiman
Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi itu tadi,yaitu:keyword yang bersifat musiman atau hanya populer sesaat.Saya contohkan lagi kata kuncinya:
Contoh
Jadi contoh kata kunci d atas tanpa saya jelaskan anda asti tahu perbedaan antara keyword abadi dan keyword musiman.
- Hasil Race Motogp catalunya spanyol.
- hasil pertandingan sepak ingris.
Jadi contoh kata kunci d atas tanpa saya jelaskan anda asti tahu perbedaan antara keyword abadi dan keyword musiman.
Nah yang menjadi pertanyaan adalah,gimana caranya melakukan riset
keyword..?
Di bawah ini adalah tutorial lengkap bagaimana cara melakukan riset keyword dengan memanfaatkan dua buah tools gratis bernama Ubersuggest dan juga Google Addwords Planner.
Di bawah ini adalah tutorial lengkap bagaimana cara melakukan riset keyword dengan memanfaatkan dua buah tools gratis bernama Ubersuggest dan juga Google Addwords Planner.
Sebenarnya bisa saja hanya menggunakan Google AdWords:Keyword
Planner. namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi.karena itulah kita
membutuhkan bantuan dari Ubersuggest terseebut.
Fungsi dari Ubersuggest di sini adalah untuk menemukan keyword
variasi dari keyword utama yang kita target.,Dengan tujuan untuk menemukan long
tail keyword.Selain Ubbersuggest masih ada beberapa tools lain yang serupa yang
tidak kalah bagus, seperti:
http://keywords hitter.com
http://keyword tool.io
dll.
Pada topik kali ini saya hanya akan menggunakan Ubbersuggest dengan
Addword planner.
Sedangkan tugas dan pungsi dari Google Adwords Keyword Planner itu
sendiri sudah pasti untuk menganalisis jumlah pencarian dan juga tingkat
persaingan pengiklan AdWords(mungkin cocok untuk yang ingin menghasilkan uang
dari Google AdSense).
Lalu bagaimana caranya.? Silakan baca di bawah ini:
Langkah Pertama adalah: Mencari short tail keyword
Yang perlu anda lakukan adalah mencari short tail keyword, yang
berhubungan dengan topik/artikel blog anda.
Jika blog anda membahas Teknologi, maka keywordnya bisa seperti:
- Komputer
- Perangkat lunak
- Internet
- Gadget
- dll
Fungsi dari short tail keyword ini adalah: untuk dijadikan sebagai
bahan untuk menemukan keyword-keyword yang lain.
Cara menggunakan tool untuk mencari kata kunci
Buka: http://ubersuggest.org
Setelah anda memasukan kata kunci,disini saya ini contohkan kata
kunci,,canon,,
kemudian Pilih bahasa, dan Klik Suggest.
Setelah itu akan muncul daftar keyword yang berkaitan dengan kata
kunci canon.
Perkiraan lalu lintas
Nah, sekarang anda sudah mendapatkan daftar short tail keyword,tapi
yang jadi permasalahnya kebanyakan keyword-keyword tersebut memiliki tingkat
persaingan yang cukup tinggi karena terdiri dari dua kata.Tapi anda tidak perlu
khawatir, silahkan lanjut ke langkah berikutnya.
Langkah Berikutnya adalah: Mencari long tail keyword
Yang perlu anda ketahui adalah:, melakukan dan mencari Long tail
keyword, yaitu dengan memanfaatkan short tail keyword yang sudah anda dapatkan.
Tujuannya untuk mencari keyword yang memiliki tingkat persaingan
yang lebih rendah.Tapi jika anda merasa memiliki ilmu, atau jurus jurus SEO
tingkat paling top, maka anda bisa melewati langkah ini, dan melompat ke
langkah ketiga.
Untuk mencari long tail keyword sobat bisa mengulangi langkah
pertama namun dengan memasukan keyword yang sudah di dapatkan sebelumnnya.
- Silahkan kunjungi:http://ubersuggest.org
- Masukan keyword dari hasil langkah pertama
Setelah itu akan muncul daftar keyword yang berkaitan dengan
Klik "Pilih Semua Kata Kunci"
Klik “Get”
Copy semua keyword dan simpan di dalam file.txt
Klik “Get”
Copy semua keyword dan simpan di dalam file.txt
Langkah selanjutnya adalah menganalisis jumah pencarian di mesin
pencari dari keyword-keyword yang sudah kita dapatkan dari Ubersuggest.
Hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan
memanfaatkan fasilitas Google AdWords Keyword Planner,Dengan cara:
Masuk ke: Google Adword Planner
Kemudian buka file CSV yang sudah didownload setelah itu silakan
bisa dipilih-pilih kata kunci mana yang paling bagus menurut anda berdasarkan
jumlah pencarian yang di inginkan.
Dan Perlu diketahui bahwa data-data yang ditampilkan dari Google
Keywords Planner tidaklah 100% akurat.
Jika di situ tertulis jumlah pencarian perbulan 2000,maka bukan
jaminan blog anda akan mendapatkan 2000 visitor perbulan jika berada di posisi
paling atas.Google.Bisa lebih banyak dan juga bisa lebih rendah.
Berikutnya Menganalisis tingkat persaingan
Ini juga salah satu hal yang tidak kalah penting tentunya
menganalisis tingkat persaingan di mesin pencari google sesusai dengan tingkat
kemampuan SEO yang kita miliki. Untuk yang satu ini kita melakukannya secara
manual.tingkat persaingan yang ada di Google AdWords Keyword Planner adalah
persaingan pengiklan di AdWords bukan persaingan di mesin pencari Google
(SERP).
Untuk cara menganalisis tingkat persaingan sobat bisa memanfaatkan
Extensi browser seperti SEOQuake atau MozillaBar,Dengan cara mengaktifkan
Extensi pada borwser anda,setelah itu masukan keyword pada pencarian Google
(SERP).
Nah Sekarang sobat bisa menilai tingkat persaingan berdasarkan dari
Pagerank,Rangking Alexa,Index,dll.,dari web-web yang tampil di halaman utama.
Perlu di perhatikan untuk memilih keyword
- Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web otoriatas,contohnya:Wikipedia.
- Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web dengan pagerank di atas 5.
- Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web dengan page authority dan domainauthority di atas 50(Gunakan Extensi MozBar)
Demikianlah Panduan tentang Cara Riset Keyword.
Mudah-mudahan artikel ini, bisa bermanfaat buat anda semuanya terutama bagi yang sedang belajar membuat blog.
Mohon Maaf atas Segala Kesalahan Dan Kekurangannya.
Trimakasih.
8 comments:
sama-sama
ane baru mengerti cara riset keyword dengan adword planner dan ternyata harus banyak beljar mengenai blog mksh infonya.
siap belajar,, dugi ka bisa.
Info yang sangat bermanfa'at boleh kita coba untuk mencari kata kunci denagan menggunakan riset keyword dari Abah google
ini riset yang diatas bisa di coba ini sangat nermanfaat bozz..
mantapcara risetnya keywordnya sangat lengkap
Mantappp cara riset keywordnya sangat membantu. makasih min
Post a Comment